Skip to main content

Peringatan Hari Lahir Bung Karno, Berikut Daftar Buku Tentang Dia

Dalam memperingati hari lahirnya Bung Karno, yakni pada tanggal 6 Juni 1901, saya akan menyajikan daftar buku mengenai Bung Karno, baik yang ditulis orang lain, maupun yang ditulis oleh dirinya sendiri.

Presiden Sukarno
Hidup kita diubah oleh dua hal: lewat orang yang kita cintai dan buku yang kita baca.

Berikut daftar bukunya:

BUKU TENTANG BUNG KARNO


  1. Bung Karno : penyambung Lidah Rakyat
  2. Bung Karno : Bapakku, Kawanku, Guruku
  3. Catatan Kecil Bersama Bung Karno
  4. Kuantar Ke Gerbang
  5. Jalan Ke Pengasingan : Pergerakan Nasionalis Indonesia
  6. Bapakku Ibuku : Dua Manusia Yang Kucinta dan 
  7. Sukarno sebuah biografi politik
  8. Sukarno dan Perjuangan Kemerdekaan
  9. Sukarno : Pemikiran Politik dan Kenyataan Praktek
  10. Kehormatan Bagi Yang Berhak : Bung Karno Tidak Terlibat G30S PKI
  11. Sukarno dan Militer dalam Demokrasi Terpimpin
  12. Citra Bung Karno : Analisis Berita Pers Orde Baru
  13. Kesaksian Tentang Bung Karno 1945 – 1967
  14. Dari Revolusi 45 sampai Kudeta 66 : Kesaksian Wakil Komandan Tjakrabirawa
  15. Bung Karno dan HMI Dalam Pergulatan Sejarah
  16. Sukarno, Ratna Sari Dewi dan Pampasan Perang : Hubungan Indonesia Jepang 1951 – 1966
  17. Bung Karno Sahabatku
  18. Soekarno, Tentara dan PKI : Segitiga Kekuasaan sebelum Prahara Politik 1961 – 1965
  19. Srihana – Srihani : Biografi Hartini Soekarno
  20. Pembantaian yang ditutup tutupi : Peristiwa Fatal di sekitar kejatuhan Bung Karno
  21. Soekarno Versus Natsir
  22. Soekarno dan NU : Titik temu Nasionalisme
  23. Bung Karno difitnah
  24. Bung Karno : Menggali Pancasila
  25. 80 tahun Bung Karno
  26. Bung Karno Putra Fajar
  27. Sukarno Muda
  28. Sewindu Dekat Bung Karno
  29. Bung Karno Dan ABRI
  30. Bung Karno : Masalah Pertahanan dan Keamanan

BUKU YANG DITULIS SENDIRI OLEH BUNG KARNO:


  1. Membangun Dunia yang baru ( To Build the world anew )
  2. Sarinah : Kewajiban Wanita dalam Perdjoeangan Republik Indonesia
  3. Kepada Bangsaku
  4. Dibawah Bendera Revolusi ( Jilid 1 )
  5. Indonesia Menggugat
  6. Pancasila Sebagai Dasar Negara
  7. Bung Karno dan Wacana Islam

Referensi:
http://blog.imanbrotoseno.com/buku-tentang-bung-karno-mana-yang-layak-dibaca/

Comments

Popular posts from this blog

Garuda, bioskop 21. Tak Sesuai Harapan.

Ditanganku, ada dua tiket masuk bioskop 21 yang film nya sebentar lagi akan dimulai. Sembari menunggu pemutaran, kami berdua memesan dua minuman sama di foodcourt tak jauh disitu. Memang hari ini kalo kedua aku mengajaknya menonton bioskop. Dalam benakku hanyalah, membuatnya tersenyum dari sekian hari kemurungannya. Terlihat dan terasa. Makanya, aku berharap dengan memberikannya sedikit hiburan mungkin bisa sebentar melupakan semua keruwetan yang ia alami. "Film The Hobbit emang gak ada ya?". "Gak ada. Khan udah aku bilang tadi, bahkan aku sms ke kamu kalo daftar film nya cuman itu." Rencananya memang film The Hobbit yang menjadi pilihan kami berdua. Namun sehari sebelum kami berdua ke Bioskop 21, film itu belum ada. Berhubung dia ingin sekali menyegarkan pikiran, film apapun jadi. "Yang ada memang film Garuda. Aku ndiri gak tau gimana itu filmnya. Gimana?" "Terserah deh. Yang penting nonton". Saat jam pemutaran, hanya sedikit yang menonton. Aku

Kecewa Dengan Pelayanan DOKU

Setelah beberapa kali menggunakan pelayanan jasa transfer uang DOKU.com untuk membayar iklan Facebook, akhirnya saya merasa kecewa dengan prosedur yang diberikan. Sebagai pelanggan DOKU yang pernah melakukan transaksi sebelumnya sebanyak 2 kali -dan keduanya lancar- , untuk transaksi ketiga benar-benar mengecewakan. Pemesanan saya lakukan 31 Juli 2016 lalu, dengan menggunakan fitur 'tambah uang' di Facebook via transfer antar bank. Karena sudah pernah menggunakan jasa transfer ke DOKU.com sebelumnya, saya melakukan prosedur yang sama. Hanya perbedaannya adalah 2 kali transfer tersebut menggunakan mobile banking BRI. Setelah terbit kode pembayaran -yang juga merupakan akun virtual, begitu saya menyebutnya- , saya lanjutkan dengan melakukan transfer sejumlah uang yang telah disepakati. Dari intruksi yang diberikan, ada dua pilihan. Yakni Membayar melalui ATM atau membayar melalui Internet Banking. Karena kondisi pulsa ponsel tidak mencukupi untuk melakukan mobile ban

Cara Membuat Rak Sepatu Sederhana

Di hari libur, saya menyempatkan diri berkunjung ke sahabat saya, pak Yodex. Ternyata saat saya sampai dirumahnya, ia sedang sibuk menyiapkan berbagai peralatan dan bahan untuk membuat rak sepatu. Kesempatan tersebut tidak aku sia-siakan sebagai bahan blog, yakni Tutorial Cara Membuat Rak Sepatu Sederhana .