Setelah beberapa kali menggunakan pelayanan jasa transfer uang DOKU.com untuk membayar iklan Facebook, akhirnya saya merasa kecewa dengan prosedur yang diberikan.
Sebagai pelanggan DOKU yang pernah melakukan transaksi sebelumnya sebanyak 2 kali -dan keduanya lancar-, untuk transaksi ketiga benar-benar mengecewakan.
Pemesanan saya lakukan 31 Juli 2016 lalu, dengan menggunakan fitur 'tambah uang' di Facebook via transfer antar bank.
Karena sudah pernah menggunakan jasa transfer ke DOKU.com sebelumnya, saya melakukan prosedur yang sama. Hanya perbedaannya adalah 2 kali transfer tersebut menggunakan mobile banking BRI.
Setelah terbit kode pembayaran -yang juga merupakan akun virtual, begitu saya menyebutnya-, saya lanjutkan dengan melakukan transfer sejumlah uang yang telah disepakati.
Dari intruksi yang diberikan, ada dua pilihan. Yakni Membayar melalui ATM atau membayar melalui Internet Banking. Karena kondisi pulsa ponsel tidak mencukupi untuk melakukan mobile banking -yang bisa mewakili pembayaran via ATM- saya memutuskan menunggu waktu yang tepat untuk berniat membayar melalui transfer mesin ATM.
Selama saya melakukan transfer via ATM, ada beberapa mesin ATM diantaranya tidak mengeluarkan Nota Cetak bukti transfer. Dan saya menganggapnya lumrah.
Hal itu ternyata terjadi saat saya melakukan transfer ke DOKU.com dengan tujuan akun virtual. Transaksi lancar, dan nama Facebook saya muncul di layar ATM yang membuat saya yakin bahwa nomor rekening tujuan adalah benar adanya. Dan, transfer via mesin ATM berhasil.
Merasa lega telah melakukan transfer, saya mengecek akun iklan facebook saya beberapa menit kemudian. Belum bertambah. Mungkin menunggu beberapa saat lagi.
Dua jam berlalu, saya mencoba cek lagi jumlah saldo iklan facebook, baik melalui ponsel android, melalui situs facebook, maupun melalui aplikasi Iklan Facebook Android, dan juga melalui laptop. Tidak bertambah.
Berikut cuplikan email tersebut:
Sebagai pelanggan DOKU yang pernah melakukan transaksi sebelumnya sebanyak 2 kali -dan keduanya lancar-, untuk transaksi ketiga benar-benar mengecewakan.
Pemesanan saya lakukan 31 Juli 2016 lalu, dengan menggunakan fitur 'tambah uang' di Facebook via transfer antar bank.
Karena sudah pernah menggunakan jasa transfer ke DOKU.com sebelumnya, saya melakukan prosedur yang sama. Hanya perbedaannya adalah 2 kali transfer tersebut menggunakan mobile banking BRI.
Setelah terbit kode pembayaran -yang juga merupakan akun virtual, begitu saya menyebutnya-, saya lanjutkan dengan melakukan transfer sejumlah uang yang telah disepakati.
Dari intruksi yang diberikan, ada dua pilihan. Yakni Membayar melalui ATM atau membayar melalui Internet Banking. Karena kondisi pulsa ponsel tidak mencukupi untuk melakukan mobile banking -yang bisa mewakili pembayaran via ATM- saya memutuskan menunggu waktu yang tepat untuk berniat membayar melalui transfer mesin ATM.
BELUM JATUH TEMPO
Transfer via mesin ATM akhirnya bisa saya laksanakan pada tanggal 2 Agustus 2016. Karena pembayaran dianggap gagal jika melebihi 7 hari sejak terbitnya kode pembayaran.
MESIN ATM TIDAK MENGELUARKAN NOTA CETAK
Selama saya melakukan transfer via ATM, ada beberapa mesin ATM diantaranya tidak mengeluarkan Nota Cetak bukti transfer. Dan saya menganggapnya lumrah.Hal itu ternyata terjadi saat saya melakukan transfer ke DOKU.com dengan tujuan akun virtual. Transaksi lancar, dan nama Facebook saya muncul di layar ATM yang membuat saya yakin bahwa nomor rekening tujuan adalah benar adanya. Dan, transfer via mesin ATM berhasil.
SALDO IKLAN FACEBOOK TIDAK BERTAMBAH
Merasa lega telah melakukan transfer, saya mengecek akun iklan facebook saya beberapa menit kemudian. Belum bertambah. Mungkin menunggu beberapa saat lagi.Dua jam berlalu, saya mencoba cek lagi jumlah saldo iklan facebook, baik melalui ponsel android, melalui situs facebook, maupun melalui aplikasi Iklan Facebook Android, dan juga melalui laptop. Tidak bertambah.
MENCARI KEJELASAN VIA KONTAK SITUS
Saya mencoba kirim email untuk bertanya, apa yang sedang terjadi. Saya membutuhkan cepat saldo tersebut untuk iklan facebook yang memiliki deadline.Berikut cuplikan email tersebut:
Wah, kok bisa gitu ya?
ReplyDeleteGak tau mbak, sistemnya eror mungkin
Deletemungkin sistemnya belum stabil
ReplyDeleteBisa jadi seperti itu
DeletePaypal aja enak
ReplyDeleteenaknya doku bisa transfer via bank. Tapi tumben sekarang agak ribet.
DeleteSemangat, semoga dananya bisa kembali :D
ReplyDeleteAmiiiin. Makasih mas/mbak. :D
Delete